Pesan Modul TIK SD Kelas 1,2,3,4,5,6 Tp.2015/2016
Modul panduan praktis untuk mengajar TIK SD
Klik untuk pesan..

Thursday, February 21, 2013

Apa yang dikerjakan Guru TIK saat mengajar?

Apa yang dikerjakan Guru TIK saat mengajar? Pertanyaan seperti ini terdengar lucu. Tapi pada kenyataanya banyak sekali yang dikerjakan oleh guru TIK ketika mengajar, khususnya di ruang praktik alias lab.komputer. Misalnya saja guru tik yang kerjanya duduk saja sambil melihat layar laptopnya mengamati komputer siswa menggunakan aplikasi netop school atau lainya. Ada pula guru tik yang kerjanya monda-mandir dari satu komputer ke komputer siswa lainya melihat pekerjaan siswa, apakah sesuai atau tidak yang siswa kerjakan. Ada juga guru tik yang kerjanya hanya memberi buku panduan, menerangkan sebentar lalu membiarkan siswa mengerjakan latihan, kemudian mengkoreksinya.

Pada dasarnya guru tik dan guru bidang studi lainya mempunyai subjek dan objek yang sama, dan model pembelajaran yang digunakanya pun bisa sama. Bedanya, umumnya guru tik tidak terlalu sulit dalam hal media, karena pihak sekolah sudah memberikan fasilitas lab (syukur-syukur labnya lengkap). Jadi guru tik tidak terlalu kesulitan dalam mengajar.

Jadi, apa yang dikerjakan guru tik ketika mengajar itu hak si guru dan mungkin itu salah satu model yang ia terapkan. Toh yang penting bagaimana siswa mampu mengikuti materi, dan bisa mengerjakan latihan sesuai kompetensi yang diajarkan. Tapi sebagai guru tik harus memiliki standar dalam mengajar, diantaranya kemampuan akademik bidang studi yang diajarkan, bahan ajar yang cukup, fasilitas yang sesuai, dan penguasaan kelas.

>>Dapatkan panduan mengajar TIK kelas 3,4,5,6 SD disini (klik)

0 comments:

Post a Comment