Pesan Modul TIK SD Kelas 1,2,3,4,5,6 Tp.2015/2016
Modul panduan praktis untuk mengajar TIK SD
Klik untuk pesan..

Tuesday, February 5, 2013

Tutorial Office dan Internet Untuk SD

Tutorial Office dan Internet Untuk SD| Mengajar TIK itu tidak sulit, terlebih buat siswa sekolah dasar. Kurikulum TIK untuk sekolah dasar toh hanya menekankan pada proses memperkenalkan siswa terhadap perangkat-perangkat teknologi, terutama komputer. Dan pelajaran TIK sendiri lebih condong kepada proses literasi aplikasi komputer, dan program yang melulu diperkenalkan adalah aplikasi perkantoran atau lebih familiar kita sebut dengan Office dari perusahaan Microsoft. Dan belakangan teknologi internet menjadi program prioritas berikutnya selain aplikasi perkantoran tadi.

Office dan internet menjadi prioritas pembelajaran untuk mata pelajaran TIK saat ini, masalahnya adalah banyak guru yang memegang mata pelajaran ini tidak berlatar belakang pendidikan yang sesuai, bukan jurusan komputer atau teknologi pendidikan. Sebenarnya tidak masalah, toh aplikasi office dan internet bukan sesuatu yang baru bagi guru tentunya. Akan tetapi runtutan mengajarnya lah yang menjadi permasalahan, banyak guru non jurusan yang diamanahkan memegang pelajaran TIK merasa kebingungan mau memulai dari mana, materi apa yang akan diberikan, dan seterusnya.

Solusi

Untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa dilakukan dengan cara berikut:
  1. Bertanyalah kepada rekan guru yang beralatar belakang TIK atau mempunyai pengalaman mengajar dibidang TIK.
  2. Cari referensi mengajar, seperti buku-buku TIK, tutorial, dan paper lainya yang berhubungan dengan mata pelajaran TIK untuk sekolah dasar.
Nah2 cara tadi bisa membantu mengatasi permasalahan "kebingungan mengajar" TIK untuk anak SD tadi. Jika masih kebingungan saya telah membuat Tutorial Office dan Internet Untuk SD dari mulai kelas 3 sampai dengan kelas 6 SD. Untuk mendapatkanya silahkan isi form pada link dibawah ini.


0 comments:

Post a Comment